Friday, January 31, 2014

BUKAN MENYERAH

"Wah, ada yang buka usaha seperti kita. Gedungnya tiga lantai, omzet perhari delapan jutaan!" lapor anakku.

"Usaha seperti kita?"

"Iya Mi. Seharusnya kita juga bisa seperti itu, dengan potensi SDM dan jam terbang yang sudah teruji."

"Umi sudah cape mikirin menejemennya. Umi pusing memikirkan bagaimana membayar hutang-hutang kita, jadi nggak mau mikir nambah modal dulu. Nanti saja, nunggu kalau ada anak Umi yang tertarik memperbesar usaha ini dengan menejemen lebih bagus, sementara biarlah begini dulu, Umi pengen lebih tenang."

"Umi menyerah?"

"Bukan menyerah. Lelah.!Dua puluh tahun bukan waktu yang sebentar untuk melihat, Umi dan Abi bekerja keras, hasilnya ya begini-begini saja. Mungkin memang jatahnya segini."

"Ya aku lihat sih, dia modal besar, kita nggak bisa ngikuti. Untuk dekorasi rukonya saja habis puluhan juta."

"Ya sudahlah, nikmati saja jalan masing-masing. Setiap orang memiliki rizki yang sudah ditentukanNya. Kita ikhtiar maksimal, hasilnya kembali kepada AR Rozak. Bersyukur dengan apa yang sudah diberikanNya. Mungkin rizki berupa materi kita merasa kekurangan, tapi menurut Allah sudah cukup, karena kita diberi rizki dalam bentuk lain. Orang lain mungkin diberi materi berlimpah, tapi bersamaan dengan itu juga diberi masalah yang banyak, entah itu masalah kesehatan, masalah keluarga, sosial dan lain-lain."

***

@  "Dan apakah mereka tidak memperhatikan bahwa sesungguhnya Allah melapangkan rizki bagi siapa yang dikehendakiNya dan Dia (pula) yang menyempitkan (rizki itu). Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang beriman." QS Ar Ruum ayat 37.

@ "Barang siapa menjadikan dunia sebagai tujuannya maka Allah akan memberikan kekhawatiran (kecemasan) padanya dalam segala urusannya dan Allah akan meletakkan rasa takut akan kemiskinan ada di hadapan matanya. Padahal dia tidak akan menerima kecuali apa yang telah ditakdirkan baginya dari dunia. Dan barang siapa yang menjadikan akhirat sebagai maksud hidupnya, maka Allah akan menjadikan kemudahan baginya dalam segala urusannya. Allah akan meletakkan rasa kaya dalam hatinya dan dunia akan datang kepadanya dalam keadaan hina."  HR Ibnu Majah, hadist no 4105.

No comments:

Post a Comment